Warga Sendanau Natuna Pertanyakan Soal Pemekaran Desa, Ini Jawaban Sekda

keindahan pulau natuna





WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Tiga Desa akan diajukan ke Pemerintah Kabupaten Natuna untuk dimekarkan. Tiga desa itu adalah Desa Penyong, Desa Pantai Rian dan Desa Air Batu Kecamatan Bunguran Barat.

Perwakilan masyarakat Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat pekan lalu mengunjungi Kantor Bupati Natuna untuk menemui perwakilan dari Pemerintah Daerah untuk menanyakan kepastian rencana pemekaran kelurahan dan desa yang sudah diajukan sejak tahun 2012 lalu.

Perwakilan masyarakat tersebut dampingi Anggota DPRD Daerah Pemilihan Wilayah II, Wan Sofian dan Marzuki, mendapatkan kesempatan menemui Sekretaris Daerah, Wan Siswandi,S.Sos.M.Si di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Kamis (16/03/2017) siang.

Pertemua itu juga dihadiri Kepala Bagian Pemerintahan Syawal dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Indra Joni.

Perwakilan masyarakat menanyakan proses penetapan pemekaran desa, karena masyarakat dan pemerintah desa setempat juga akan melakukan persiapan-persiapan yang dianggap perlu.

Besar harapan agar pemekaran dapat terealisasi secepatnya karena dirasa akan memberikan pengaruh bagi upaya percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menyikapi aspirasi yang disampaikan, Sekretaris Daerah Wan Siswandi menyampaikan kepada Organisasi Pemerintah Daerah terkait (Bagian Pemerintahan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) untuk segera membuat jadwal waktu serta mempercepat proses pemekaran tersebut. Dan menetapkan produk hukum yang disesuaikan syarat dan kondisi desa yang akan diresmikan, namun jika belum memungkinkan bisa dirancang sebagai desa persiapan.

Lebih lanjut dikatakan Wansis, ada lima poit dari tujuan Penataan Desa menurut UU Desa. Pertama, mewujudkan efektivitas penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Kedua, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa.

Tiga, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik. Empat, meningkatkan kualitas tata kelola Pemerintahan Desa, dan kelima meningkatkan daya saing Desa.

Syarat Pembentukan Desa menurut UU Desa. Untuk batas usia Desa induk paling sedikit 5 (lima) tahun terhitung sejak pembentukan Jumlah penduduk.

“Harus sesuai dengan jumlah yang ditetapkan dalam pasal 8 UU Desa,” tutup Wansiswandi.(riky)





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA