Edward Harris SH: MoU, Berikan Bantuan Hukum Pada Orang Miskin



Wartakepri.co.id, Batam -Setelah berlakunya UU Nomor 16 Tahun 2011 akses masyarakat pencari keadilan bagi yang tidak mampu telah diakomodir dalam UU, sehingga diharapkan seluruh masyarakat mendapat akses keadilan yang merata dan tidak menciptakan trauma “mahal” bila terkena suatu perkara hukum.

Hal inilah yang ditekankan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batam dalam MoU dengan Posbakum Batam, agar mempermudah pemberian bantuan hukum pada orang miskin demi keadilan dan pemerataan hak warga negara. Bantuan hukum tersebut diberikan secara gratis dan wajib didampingi PH.

Tidak semua masyarakat mampu untuk membayarkan pendampingan hukum saat tersandung hukum, sehingga dengan adanya MoU ini, Posbakum tetap bersinergi untuk memberikan pelayanan bantuan hukum pada yang tidak mampu.

“Pelayanan Posbakum ini jangan hanya di dalam pos saja, dan diharapkan bisa diluar karena masih banyak masyarakat yang miskin butuh bantuan hukum,”pinta Ketua Pengadilan Negeri Batam, Edward Harris Sinaga SH, Senin (6/3/2017).

Sementara Bistok Nadeak SH selaku ketua Peradi Kota Batam menyatakan; akan menjalankan amanah ini dengan baik. Kemudian menghimbau pada anggotanya yang pos di kantor Posbakum agar jangan sekali kali meminta uang pada yang klien. Kedepannya, Peradi Kota Batam akan melakukan berbagai terobosan baru untuk memberikan pelayanan bantuan hukum pada masyarakat tidak mampu. Katanya.

MoU dan kerjasama bantuan hukum dan dibentuknya Pos Bantuan Hukum ( Posbakum) di Pengadilan Negeri Batam , semoga menjadi tonggak sejarah demi kebenaran dan keadilan bagi masyarakat miskin.
(Nikson Simanjuntak )







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA