Inilah Daftar Besaran Dana Desa yang Diterima Setiap Desa di Natuna

WARTA DANA Desa Natuna





WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Dana desa yang dialokasikan untuk kabupaten Natuna mencapai Rp140,5 milyar salurkan melaui Kas Rekening Desa Tujuh Puluh Desa 15 kecamatan Di Kab Natuna pada tahun ini.

Kepala Bidang Anggaran BPKAD Pemkab Natuna Suryanto, menjelaskan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Natuna dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Ungkap Kepala Bidang Anggaran BPKAD Pemkab Natuna Suryanto kepada Wartakepri.co.id, Kamis (4/8/2016).

Dikatakan Suryanto, penyaluran pada triwulan pertama kepada desa, sudah termasuk Dana Desa, ADD, restribusi dan bagi hasil pajak, serta tunda bayar ditahun 2015.

” Penyaluran dua tahap tersebut dilakukan sesuai dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 49/PMK.07/2016 Tentang Tata Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Desa,”tutur Yanto.

Payung hukum tersebut merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pada triwulan pertama sudah disalurkan sebesar Rp 25,1 miliar atau sebesar 17,88 persen direalisasi. Awal Agustus 2016, BPKAD Natuna telah menyalurkan dana Triwulan ke Dua penerima 75,4 milyar, untuk Tujuh puluh Desa atau sebesar 53,65 persen udah terealisasi.kata Yanto.

Dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun Anggaran 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2016 dan Peraturan Bupati Natuna Nomor 12 Tahun 2016 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2016 dan disejalankan dengan pembagian DPA pada tanggal 14 Maret 2016.

Mekanisme Penyaluran Dana Desa 2016 dalam PP Nomor 8 Tahun 2016 pasal 16 disebutkan bahwa Dana Desa tahun 2016 akan disalurkan secara bertahap oleh pemerintah melalui Rekening Kas Umum Negara (RKUN) kepada pemerintah daerah kabupaten/ kota melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

Kemudian pemerintah daerah kabupaten/ kota juga melakukan penyaluran kepada Desa melalui Rekening Kas Desa (RKD).

Dengan persentase untuk triwulan I dan II sebesar 20%, triwulan III sebesar 30% dan untuk triwulan IV berdasarkan selisih antara pagu alokasi dan memperhatikan totall realisasi Dana Perimbangan dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK) yang disalurkan ke RKUD.

Penyaluran dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa berdasarkan transfer dari Pemerintah Pusat dilakukan dengan persentase untuk tahap I dan II sebesar 40%, dan tahap III sebesar 20%.

Sedangkan penyaluran untuk Bagi Hasil Pajak dan Retribusi ke Desa dengan persentase 20% tahap I, 30% tahap II dan sisanya adalah selisih dari realisasi penyaluran dengan pagu perkiraan berdasarkan realisasi yang dicapai oleh Pemerintah Daerah.Tutup Yanto.

” Setiap kunjungan ke desa saya selalu mengingatkan desa agar berhati hati mengelola dana desa sesuai peruntukan desa ,harus transparan dan sesuai petunjuk yang telah mejadi ketentuan,”kata Hamid Rizal hubungi berapa waktu lalu ,

Hamid mengaku kalau desa yang berada di Kabupaten Natuna diberikan kewenangan lebih besar untuk mendapatkan dananya. Baik itu Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Pusat maupun Pemkab Natuna Bahkan juga mendapatkan pendanaan dari hasil pajak daerah yang bersumber dari APBN.(rikirinov)





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA