Penyaluran Dana Desa di Natuna Sudah Tersalurkan Rp 53,7 Miliar ‎





WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Prioritas penggunaan dana desa untuk pembangunan desa dialokasikan untuk mencapai tujuan pembangunan desa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia, serta penanggulangan kemiskinan.
Penggunaan dana desa yang bersumber dari APBN untuk pemberdayaan masyarakat desa terutama untuk penanggulangan kemiskinan dan peningkatan akses atas sumber daya ekonomi, sejalan dengan pencapaian target RPJM Desa dan RKP Desa setiap tahunnya, yang diantaranya dapat mencakup.
Peningkatan kualitas proses perencanaan desa mendukung kegiatan ekonomi baik yang dikembangkan oleh BUM Desa maupun oleh kelompok usaha masyarakat desa.
Dana Desa (DD), yang dianggarkan di APBN Alokasi Dana Desa (ADD), yang dianggarkan di APBD Bagi hasil pajak dan retribusi daerah (PDRD) Detail alokasi anggaran.
” Kini disalurkan kepada 70 Desa di Kabupaten Natuna Triwulan Pertama. Desa sudah dapat menjalankan Roda Pembangunan, pasalnya transfer ke desa periode triwulan I sebanyak  53,72 Miliar (98,69 persen) dari target awal 54,43 Miliar,”ungkap Kabid Anggaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)Kabupaten Natuna, Suryanto, kepada Wartakepri.co.id, Kamis (28/4/2016).
Untuk Alokasi Dana Desa 2016 serta Kurang Bayar 2015 dikecualikan untuk Desa Sepempang sedikit terlambat menyampaikan administrasi karena untuk pencairan tersebut masih menggunakan perbup 54/2015.
” Dana desa barulah akan di transfer melalui rekening desa sesuai yang ter tuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) usai di verifikasi. ‎Paling lambat kita transfer  Mei 2016 melalui rekening desa sesuai APBDes,” ungkap Suryanto.
Setelah perbaikan  segera  melanjutkan  transfer setelah penyelesaian pembayaran belanja pegawai Pemerintahan Kab Natuna  awal bulan Mei.‎
Yanto,menghimbau mengharapkan Desa untuk stekholder yang menangani Desa agar pelaporan dan penggunaan APBDes selanjutnya harap difasilitasi dan diusahakan setiap Desa harus Mandiri.
Sehingga untuk kedepannya tidak terdapat lagi Desa yang tertunda karena penyampaian adminstrasi yang belum sempurna, khusus untuk Desa Penyaluran Triwulan/Tahap selanjutnya setelah penyerapan minimal 50%, dan harap laporan disampaikan tepat waktu.
Persyaratan dapat mempedomani Perbup 21/2016.‎ Untuk desa yang mendapatkan alokasi dana desa (ADD), diantaranya harus melengkapi persyaratan Peraturan Bupati, APBDes, RPJMDes, RKADes.
Rincian Anggaran 70 Desa Kab Natun dapat di lihat rinciannya dapat dilihat pada web : bpkad.natunakab.go.id. (riki)




DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA