Di Sumatera Barat, Walikota Ini yang Paling Banyak Diberitakan

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

WARTAKEPRI.co.id, PADANG – Lembaga riset berbasis software artificial intelligence, Indonesia Indicator, kembali menobatkan Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharullah sebagai Kepala Daerah yang paling banyak diekspos media massa. Kepastian ini terungkap saat pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengkajian Analisa Pemberitaan yang diadakan Biro Humas Pemprov Sumatera Barat di Aula Dinsosnakertrans Provinsi Sumbar, Rabu (27/4/2016).

Dalam Bimtek yang diikuti Humas se-Sumbar itu, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang memastikan Walikota Padang sebagai figur yang menjadi konsumsi media massa.

“Dalam rentang waktu empat bulan ini, Walikota Padang paling banyak diekspos media, dan ini untuk kali kedua penobatannya”, ungkapnya.

Berdasarkan data yang dilansir Indonesia Indicator, sepanjang Januari hingga April, Walikota Padang paling banyak diekspos media serta paling sering mengeluarkan statement di media massa baik cetak maupun elektronik. Dalam rentang waktu itu, Walikota Padang terekspos media massa dengan jumlah berita sebanyak 829 berita.

Angka ini terbilang cukup tinggi dibanding enam Walikota lainnya di Sumbar. Dimana tempat kedua diisi oleh Walikota Payakumbuh dengan 147 berita, kemudian diikuti Walikota Padangpanjang denagn 111, Pariaman 109, Bukittinggi 83, Sawahlunto 60, dan Solok sebanyak 52 berita.

Demikian juga dengan riset walikota yang paling banyak mengeluarkan statement di media massa. Walikota Padang jauh unggul dengan walikota lain dengan jumlah statement sebanyak 629. Kemudian diikuti Walikota Pariaman 252, Padangpanjang 141, Sawahlunto 98, Payakumbuh 74, Bukittinggi 43, dan Solok 9.

Dijelaskannya, tingginya pemberitaan Walikota Padang di media massa tak terlepas dari peranan Humas Pemko Padang. Menurutnya, Humas Pemko Padang telah mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Sehingga setiap pemberitaan mampu menjangkau dan dikonsumsi seluruh publik.

“Selamat kepada Humas Pemko Padang. Ini tahun kedua kami menobatkan Walikota Padang sebagai kepala daerah paling sering diberitakan,” tutur Rustika.

Sementara dalam Bimtek Pengkajian Analisa Pemberitaan yang diadakan Biro Humas Pemprov Sumatera Barat, dua narasumber lain memberikan materi yang cukup menarik.

Dua pimpinan redaksi surat kabar, Khairul Jasmi (Harian Singgalang) serta Eko Yanche Edrie (Metro Andalas) saling berbagi ilmu kepada peserta. Khairul Jasmi memberikan materi dengan judul “Di Balik Berita”. Sedangkan Eko Yanche Edrie memaparkan materi berjudul “Analisis Berita”. (r/san)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 45

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD LINGGA