Agar Tetap Langsing, Hentikan Makan Malam Mulai Jam 7 Malam





WARTAKEPRI.co.id – Banyak penelitian menunjukkan, makan atau mengemil di malam hari dapat menambah berat badan. Para peneliti pun terus membuktikan kebenaran temuan itu untuk mengetahui bagaimana kebiasaan makan yang baik, yang sebaiknya diterapkan pada malam hari.

Berikut ini, hasil temuan penelitian dirangkum dari waktu ke waktu, sebagaimana disitat Womens’Health.

Pendapat pada Tahun 2005

Sebuah studi yang diterbitkan Journal Obesity Research menemukan, ada hubungan antara makan malam atau mengemil dengan kenaikan berat badan. Setelah penelitian itu, banyak ahli nutrisi yang menganjurkan untuk sama sekali tidak makan atau mengemil di malam hari.

Pendapat pada Tahun 2008

Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang punya kebiasaan makan antara pukul 23.00-05.00 WIB pada akhirnya mengonsumsi lebih banyak total kalori dalam sehari. Mereka mengalami kenaikan berat badan dari waktu ke waktu.

Pendapat pada Tahun 2016

Para peneliti menganalisis responden yang biasa makan pada pukul 18.00 WIB hingga tengah malam. Para responden ini kemudian menghentikan kebiasaan tersebut dan beralih pada kebiasaan baru, yakni mulai berhenti makan pada pukul 19.00 WIB hingga 21.00.

Hasilnya, mereka bisa menurunkan berat badan dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Kebiasaan ini kemudian dinilai paling tepat, dan banyak direkomendasikan para ahli kesehatan.

Ahli gizi Satchin Panda, Ph.D memiliki pandangan yang senada dengan penelitian yang berlangsung baru-baru ini. Menurut dia, waktu makan sama sekali tidak berkontribusi terhadap bertambahnya berat badan.

Namun, Satchin merekomendasikan untuk mengosongkan perut selama 10-11 jam pada malam hari agar ritme sirkadian tubuh berjalan dengan baik.(mtnews)





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA