Tamatan SMK 3 Bintan Ini Berpenghasilan Rp 45 Juta Sebulan dari Cabai



BINTAN, WARTAKEPRI.co.id — Jika kebanyakan anak SMA atau SMK setelah tamat akan melanjutkan kuliah, tidak halnya dengan Johan (20), seorang pemuda Tamatan SMK Negeri 3 TAHUN 2015, Kabupaten Bintan, tinggal di Lembah Cahaya Pulau Pucung, KM 48, Desa Malang Rapat, Kabupaten Bintan Provinsi Kepri.

Johan memilih untuk menjadi petani cabai, dengan penghasilan 45 juta satu bulan. Johan juga mampu menggaji temannya yang tidak punya pekerjaan untuk ikut bersama dengan dirinya untuk bertani cabai.

Awalnya Johan mendapat ilmu bertani dari SMK Negeri 3, lantas diterapkan di lahan milik orang tuanya, di Lembah Cahaya Pulau Pucung KM 48.
Dengan dibimbing oleh guru-guru dan juga bertanya kepada tetangganya yang sudah berpengalaman, tentang hama tumbuhan, masukan teori dari sekolah tentang bahan organik dan cara pengolahan nya.

“Satu bulan,10 hari sekali panen. Kalau dihitung sebulan bisa tiga kali panen, dengan satu kali panen bisa dapat Rp 15 juta, dengan lahan yang ada sekarang,” ungkapnya.

Johan juga mengajak 3 orang teman-temannya, untuk membantunya dan memberikan gaji sebesar Rp 1 juta sebulan.

Karena keberhasilannya dalam bertani cabai, pihak sekolah SMK Negeri 3 Bintan, mengajak dirinya untuk pekerja sama dalam membuat pertanian cabai di sekolah.

Mariati, guru produktif pertanian SMK Negeri 3 Bintan, ketika ditemui Sijori Kepri, mengatakan, Johan adalah siswa yang sedari awalnya memang fokus menanam hanya cabai, karena keberhasilannya itu, dia juga membantu sekolah untuk bertani cabai. Sekolah menyiapkan lahan, sedangkan Johan yang mengajarkan siswa untuk cara-cara bertani cabai.

Johan juga berpesan kepada adik-adiknya di SMK, agar selalu giat dalam belajar. Dengan ilmu yang diberi dan percaya, itu semua akan berhasil.

“Untuk adik-adik di bawah saya, saya selalu berpesan dan mengingatkan, agar selalu giat dalam belajar. Ilmu yang diberi itu dipraktekkan dan percayalah semua itu akan berhasil,” pungkasnya. (sijorikepri)

DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM
Baca Juga :  Pekan Ini ASN Pemkab Bintan Terima Gaji ke 13 Senilai Gaji Pokok Plus Tunjangan
PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA



Berita Terkait