Kolonel Laut (P) S. Irawan,S.E. Jabat Danlantal IV Tanjungpinang



Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share

TANJUNGPINANG, WARTAKEPRI.co.id – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A.TaufiqR. bertindak selaku InspekturUpacara pada Upacara Parade SerahTerima Jabatan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IV dari LaksamanaPertama TNI Sulistiyanto,S.E.,M.M.,M.Sc, kepada Kolonel Laut (P) S.Irawan,S.E.yang dilaksanakan di lapangan apel Mako Lantamal IV Batu Hitam Tanjungpinang.(Senin 1/2)

Laksamana Pertama (Laksma) TNI Sulistiyanto,S.E.,M.M.,M.Sc. menjabat sebagai Danlantamal IV sejak 18 Juli 2014 s/d 1 Februari 2016,pada hari ini akan diserahterimakan dalam suatu upacara militer, selanjutnya beliau akan menempati jabatan baru sebagai Wakil Komandan (Wadan) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir Jakarta.

Sedangkan pejabat baru Kolonel Laut (P) S. Irawan,S.E. sebelumnya menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Pangarmabar. Dan pada hari ini Senin 1 Februari 2016 secara resmimenjabatsebagai Komandan Lantamal IV Tanjungpinang yang ke-12,pria berasal dari suku Jawa kelahiran Fak-Fak ini merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan-33.

Sejak mengawali kariernya di TNI ALbeliau dibesarkan di satuan pasukan khusus TNI AL yaitu Satuan Komando Pasukan Katak(Satkopaska), beberapa jabatan yang di sandang antara lainKomandan Detasemen-1 Sabotase/Anti Sabotase Satuan Komando Pasukan Katak Armada Barat yang berkedudukan di Jakarta, pada tahun 2000 dipercaya menjabat sebagai Dansatrol Lantamal I Belawan.

Setelah menyelesaikan Dikseskoal kembali dipercaya menjabat sebagai Komandan KRI Layang dan pada tahun 2004 menjabat sebagai Pasops Satuan Komando Pasukan Katak Koarmatim Surabaya, selanjutnya tahun 2005-2008 dipercaya sebagai Komandan Satuan Komando Pasukan Katak Koarmabar Jakarta yang bermarkas di Pondok Dayung

Jakarta, pada tahun 2008 dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan Lanal Banten, tahun 2010 menjabat sebagai Asintel Gugus Tempur Laut (Guspurlatim) Armada Timur, selanjutnya tahun 2011 dipercaya sebagai Asintel Pangkolinlamil Jakarta, pada tahun 2013 menjabat sebagai Asintel Pangarmabar dan berdasarkan Telegram Kasal Nomor 016/SPER/0116TWU 0120 1030 mendapatkan kepercayaan promosi jabatan sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IV Tanjungpinang.

Lantamal IV adalah salah satu Komando Pelaksana Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yang berkedudukan di Tanjungpinang, membawahi beberapa Pangkalan Angkatan Laut (Lanal)di antaranya Lanal Batam,Lanal Ranai, Lanal Tarempa, Lanal Dabo Singkep, Lanal Tanjung Balai Karimun dan satu Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi.

Sedangkan tugas-tugas yang berhubungan dengan patroli keamanan laut Lantamal IV dan pangkalan di bawah jajarannya didukung Kapal Angkatan Laut (KAL), Patroli Keamanan Laut (Patkamla) serta speed boat,combat boat,sea rider. Lantamal IV mempunyai tugas pokok melaksanakan dukungan logistik dan administrasi bagi satuan operasional TNI Angkatan Laut atau unsur-unsur Koarmabar maupun unsur lainnya yang melaksanakan operasi di wilayah kerja Lantamal IV.

Dalam amanatnya, Pangarmabar menegaskan bahwa “Lantamal IV akan terus meningkatkan kinerja dan kerjasama dengan semua komponen dalam mengamankan wilayah perairan kepulauan Riau,sehingga predikat perairan Indonesia, khususnya Selat Malaka yang dipersepsikan sebagai the most dangerous waters yaitu perairan yang tidak aman dan berbahaya,dapat ditekan seminimal mungkin.

Dikatakan pula “Keberhasilan Western Fleet Quick Response (WFQR)Koarmabar/Lantamal IV dan jajaran Lanal-Lanal dalam mengatasi dan menindak pelaku kejahatan perompakan di Selat Malaka telah mendapatkan apresiasi yang positif dari negara-negara Asia Tenggara serta mendukung terhadap apa yang telah dilakukan oleh Koarmabar/Lantamal IV dengan Tim WFQR-nya untuk mengatasi dan menindak pelaku kejahatan perompakan di Selat Malaka.”

Lebih lanjut Pangarmabar menegaskan “Dengan kepercayaan tersebut, kata Danlantamal IV kami akan menggunakan setiap aset yang ada di bawah komando Lantamal IV sesuai dengan kewenangan yang dimiliki dan terus meningkatkan operasi intelijen untuk mendeteksi dan memerangi setiap kejahatan di laut,utamanya yang terkait dengan kejahatan lintas negara atau transnational crimes.”

Berbagai prestasi dan kemajuan telah dicapai Lantamal IV Tanjungpinang selama kepemimpinan Laksma TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., dari hasil data operasi Lantantamal IV selama tahun 2015 berhasil memeriksa kapal sebanyak 118 kapal, diijinkan melanjutkan pelayaran 82 kapal sedangkan yang diproses hukum 36 kapal.

Selama tahun 2015 pelanggaran terhadap penangkapan ikan oleh Kapal Ikan Asing (KIA) tanpa dilengkapi dokumen yang sah sangat menonjol hal ini dibuktikan selama kurun waktu 2015 diwilayah Kepulauan Riau yang menjadi wilayah kerja Lantamal IV sudah menenggelamkan sebanyak 23 Kapal Ikan Asing (KIA) yang telah berkekuatan hukum tetap dengan rincian Lanal Ranai 14 Kapal Ikan Asing (KIA), Lanal Tarempa 9 Kapal Ikan Asing (KIA). Sementara itu kecelakaan laut/SAR selama tahun 2015 terjadi 12 kali terjadi kecelakaan laut.

Beberapa prestasi yang telah ditorehkan Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV selama tahun 2015 antara lain sebagai berikut :

1. Pada 5 Maret 2015 berhasil menangkap 6 perompak yang mencoba melakukan aksinya di Tanjung Uncang Batam.

2. Pada 7 April berhasil menangkap 5 orang perompak yang beroperasi di Selat Singapura dan Selat Malaka tepatnya di pantai Sungai Langkai Batam Kepri.

3. Pada 28 Mei 2015 Tim WFQR IV Lanal Batam berhasil mengamankan 2 orang WNA Inggris yang berupaya melakukan pembuatan film documenter tentang perompakan di selat Malaka tanpa ijin.

4. Pada 20 Juni 2015 Tim WFQR IV Lanal Batam menemukan Tug Boat Malabo di perairan Batam yang digunakan sebagai sarana melakukan perompakan MT. Orkim Harmony.

5. Pada 3 Juli 2015 Tim WFQR Lanal Batam gagalkan penyeludupan narkoba jenis sabu-sabu di pantai Nongsa Beach Batam, berawal dari penangkapan TKI illegal dari Malaysia senilai 500 juta.

6. Pada 28 Agustus 2015 Team WFQR Lanal Batam menangkap pelaku pembajak MT. Orkim Harmony yang berinisial A.J.

7. Pada 22 Oktober 2015 Team WFQR Lanal Tanjung Balai Karimun berhasil menangkap pelaku dan mengamankan barang bukti dari hasil perompakan di perairan Pulau Parit Tanjung Balai Karimun (Kelompok MZ).

8. Pada 20 Oktober 2015 KRI Kujang-642 menggagalkan aksi Perompakan BBM TB Bukit Prima 01 dan menangkap 1 buah boat pancung serta 4 orang tersangka di perairan Tanjung Datuk Kepri.

9. Pada 15 Nopember 2015 Tim WFQR IV Lanal Tanjung Balai Karimun dan Koarmabar berhasil mengamankan 12 orang tersangka perompak 7 (tujuh) orang tergabung dalam kelompok perompak MV. Merlin, sedangkan 5 (lima) orang tergabung dalam kelompok perompak MV. Diamond Star.

10.Pada 15 Desember 2015 Tim WFQR berhasil menangkap dan membongkar sindikat besar perompak BBM MT. Joaquim berbendera Singapura.

Turut menghadiri acara Upacara Parade serah terima jabatan diantaranya Penjabat Gubernur Kepulauan Riau, Kabinda Kepri, Danrem 033/WP, Kapolda Kepri, Ketua DPRD Kepri, Kajati Kepri, Danlantamal I Belawan, Danlantamal III Jakarta, Danlantamal XII Pontianak, Danguskamlabar,dan Danlanud Tanjungpinang. (dispen lantamal IV)

Ikuti Berita Terbaru Kami

  • 58
  • Share

WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA

Berita Terkait