Walikota Tanjungpinang Terima Penghargaan dari Men‎pan RB Yuddy



Lis Wako Pinang Terima Penghargaan MenpanRB_edit

TANJUNGPINANG, WARTAKEPRI.co.id – ‎Kunjungan Menpan RB RI ke Pemerintah Kota Tanjungpinang akhir tahun lalu (13/11/2015) berbuah manis.

Hasil pemantauan tim kementrian Pan RB RI menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai Pemerintahan yang melaksanakan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan dengan nilai sangat baik (BB) dengan nilai 75,89. ‎

Hal tersebut diumumkan oleh pihak Kementerian PAN RB RI pada acara “forum koordinasi pendayagunaan aparatur negara dan penyerahan laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah kabupaten dan kota se provinsi Daerah Istimewa Jogyakarta dan se Sumatera” yang dilaksanakan pada Senin  (25/01/2016) di Aula Yudhistira Jogja Expo Centre, Kabupaten Sleman Jogyakarta.

Kota Tanjungpinang berhasil meraih ranking kedua dari 156 kabupaten dan kota se wilayah Provinsi DIY dan Sumatera. Ranking pertama diraih Kabupaten Sleman, kemudian ranking ketiga diraih Kabupaten Bantul, ranking keempat diraih Kota Jogyakarta, dan ranking kelima diraih Kabupaten Karimun yang kesemuanya mendapatkan predikat BB dengan nilai yang berbeda.

Baca Juga :  Pendaftaran Lomba Foto Festival Pulau Penyengat Tutup 12 Februari 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menpan RB RI, Prof.DR.Yuddy Chrisnandi, ME. Atas pencapaian yang luar biasa dari Kota Tanjungpinang, Walikota Tanjungpinang didaulat untuk mempresentasikan kiat-kiat Pemko Tanjungpinang dalam keberhasilannya.

Seperti meningkatkan mutu akuntabilitasnya didepan 155 Bupati dan Walikota serta 624 undangan lainnya.‎ yang terdiri dari Sekda, Kepala Bappeda, Kepala Inspektorat, Kepala BKD Kabupaten dan Kota se Provinsi DIY dan Se Wilayah Sumatera. ‎

Dalam sambutannya Menpan RB RI menyampaikan bahwa masih banyak yang harus diperbaiki dari kinerja pemerintah di Indonesia.

” Kinerja menjadi tuntutan, tata kelola pemerintah dan birokrasi yang baik merupakan syarat mutlak menuju Indonesia yang lebih baik yang berurutan dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan instansi terkecil lainnya. Fungsi adanya pemerintahan adalah untuk menciptakan ketentraman, keadilan dan kesejahteraan” katanya.

 ” Reformasi birokrasi dilaksanakan sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya untuk menyongsong pasar ekonomi asean terbuka (MEA)”. ‎

Menpan RB RI juga memuji Kota Tanjungpinang yang jarang didengar namanya dan berada diwilayah provinsi Kepulauan Riau yang tergolong masih baru, namun dapat memberikan prestasi-prestasi pemerintahan yang luar biasa dipusat selama tiga tahun terakhir ini.

” Tanjungpinang merupakan Kota kecil yang jarang terdengar, tapi sekarang dibawah kepemimpinan Pak Lis Darmansyah, Tanjungpinang mampu meraih prestasi-prestasi Pemerintahan yang luar biasa dipusat”, demikian ujarnya.

Baca Juga :  Menteri Bambang Brodjonegoro: Jangan Hitung Angka Kemiskinan Menggunakan Kurs

Atas penghargaan tersebut, Lis Darmansyah mendedikasikannya kepada seluruh ASN dan lapisan masyarakat Kota Tanjungpinang. 

” Penghargaan ini Saya persembahkan kepada Seluruh ASN dan lapisan masyarakat Kota Tanjungpinang. Penghargaan ini tentunya harus Kita pertahankan dan Kita upayakan untuk lebih baik lagi, karena mempertahankan jauh lebih sulit daripada meraih,”  katanya.


” Penghargaan ini adalah bentuk usaha yang konsisten daripada seluruh jajaran pemerintah Kota Tanjungpinang yang secara kontinyu meningkatkan kinerja sesuai visi misi dari perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan sehingga secara bertahap dari tahun 2013 mendapatkan predikat CC, kemudian 2014 mendapatkan predikat B dan terakhir 2015 mendapatkan predikat BB, “lanjutnya.

Baca Juga :  Diresmikan, Oiltanking Karimun Mampu Menampung 730 Ribu Kiloliter Minyak

 
” Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap itikad pemerintah kota Tanjungpinang melakukan perbaikan kinerja dan sistem reformasi birokrasi serta penganggaran sesuai dengan kebutuhan sehingga melahirkan outcome yang berdampak langsung kepada masyarakat secara keseluruhan”sambungnya.


” Penghargaan ini juga berdampak nantinya secara langsung kepada masyarakat, karena dengan penghargaan ini Inshaa Allah akan banyak kunjungan dari Kabupaten dan Kota lainnya ke Tanjungpinang sebagai kota rujukan yang akhirnya berdampak kepada perekonomian masyarakat kearah yang lebih baik lagi. Apa yang Kami upayakan semata-mata Satu untuk semua, semua untuk satu tujuan, Tanjungpinang yang gemilang,” tutupnya. 

Pada kesempatan itu, turut hadir Sekdako Tanjungpinang Riono, Kepala Bappeda Hamalis, Kepala Inspektorat  Rosita, Kasubag Protokol dan Hubungan antar Lembaga Bowo dan auditor muda inspektorat; Zakaria. (r/dedyswd)




DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA



Berita Terkait