faktor penyebab seseorang jadi gampang lupa

HARRIS BARELANG

lupaBatam, wartakepri.co.id – Seringkali kita mengalami lupa yang kadang berdampak cukup besar pada hidup kita. sifat Lupa menjadi sesuatu hal wajar yang kerap dialami manusia normal.Dijelaskan oleh Psikolog, Adib Setiawan, M.Psi, ada beberapa faktor penyebab seseorang jadi gampang  lupa diantaranya :

1. Stress dan kelelahan, keduanya akan sangat memengaruhi rutinitas keseharian, misalnya saat bekerja.

2. Gaya hidup dan kebiasaan seperti sering begadang, merokok, mengonsumsi obat-obat terlarang, dan minuman beralkohol, sangat memengaruhi psikis Anda sehingga gampang lupa.

3. Kepribadian, kurangnya rasa tanggung jawab, dan kemandirian mengakibatkan ketergantungan pada orang lain sehingga kita tidak terbiasa mengatur diri sendiri.

4. Trauma fisik dan emosional. bisa terjadi karena kecelakan yang mengakibatkan cedera di otak sebagai memori pusat. Sedangkan trauma emosional terjadi karena berbagai macam, bisa karena di-bully atau pelecehan seksual ujar ” Adib Setiawan, M.Psi”.

Adib Setiawan, M.Psi memberikan tips Untuk mengatasi lupa dapat dilakukan mulai dari hal-hal kecil seperi mencatat agenda harian, dan melakukan agenda tersebut secara rutin. Menyusun berkas atau barang-barang secara rapi dan terstruktur. Dengan begitu, rasa tanggung jawab akan sendirinya terbentuk. Tidur cukup dan berkualitas, seperti mesin yang butuh didinginkan ketika panas, otak juga perlu diistirahatkan dengan tidur.

“Tinggalkan gaya hidup tidak sehat, memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang dapat memberi asupan baik pada otak. Jika nutrisi otak terpenuhi tentu akan berdampak baik pada ingatan”. (jitunews/bw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG