PDAM Tirta Kepri Rancang Waduk Seluas 400 Hektar di Kawal Bintan



TANJUNGPINANG, WARTAKEPRI.CO.ID – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dikabarkan bakal memiliki Waduk air terbesar pada tahun ini. Kabar tersebut disampaikan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri Abdul Kholik, Selasa (5/1).

” Pemerintah pusat melalui Kementrian PU sudah sangat siap. Karena APBN pusat sudah selesai semua, baik dari studi serta DED (Detail Engenering Detail,red) tinggal menyiapkan lahan yang menjadi tanggungjawab kita di daerah,” kata Kholik kemaren.

Kholik mengungkapkan, waduk air terbesar itu direncanakan akan di bangun di wilayah Kawal Kabupaten Bintan, dengan luas lahan 400 hektar. “Kapasitas airnya nanti sekitar 400 hingga 500 liter per detik. Airnya nanti bukan hanya memenuhi kebutuhan untuk di Tanjungpinang saja, melainkan di Bintan hingga kawasan Pantai Trikora dan sekitar,” paparnya.

Baca Juga :  ATB Cemaskan Masih Adanya Aktifitas Bangunan dan Penebangan Pohon Sekitar Waduk

Kholik yakin bahwa waduk Kawal yang akan dibangun ini tentu akan mensurfluskan kebutuhan air di Tanjungpinang hingga Bintan hingga beberapa tahun kedepan, menjelang Waduk di Dompak dan Busung yang direncanakan juga akan dibangun. “Insya Allah Surfluslah. Paling tidak beberapa tahun kedepan jelang Dompak dan Busung bisa kita bangun nanti,” tutur Kholik.

Jumlah pelanggan PDAM Tirta Kepri sementara ini, sambung Kholik, angkanya mencapai 15.600 pelanggan. Sementara daftar tunggu sekitar 4 hingga 5 ribu pelanggan. Ia memastikan penyebab kondisi tersebut dikarenakan selama 2 tahun belakangan ini waduk Sei Pulai yang menjadi andalan kering serta hanya mampu menghasilkan debit air sebanyak 300 liter per detik.

Baca Juga :  Fraksi Nasdem Dukung Ranperda Sistem Kesehatan Daerah di Batam

“300 liter per detik itu kalau dalam kondisi air di waduknya penuh. Sementara kebutuhan air khusus di wilayah Tanjungpinang itu sekitar 750 liter per detik. Sedangkan Waduk di Gesek sudah dioperasikan tetapi hanya mampu menghasilkan debit air 100 liter per detik. Tentu dengan kondisi ini tidak bisa melayani maksimal kebutuhan air bersih kepada pelanggan,” terang Kholik.

Baca Juga :  RSUD Embung Fatimah Batam Butuh 80 Perawat dan 6 Dokter Umum

Kholik berharap tahun ini, proses kontruksi pembangunan Waduk Kawal dapat segera dimulai. “Sudah ada koordinasi antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan Pemkab Bintan. Tinggal kita meneruskan saja. Artinya, ini untuk semua sampai anak cucu kita nanti. Yang jelas semua nya sudah jadi dan anggarannya itu ada di Kementrian PU pusat, termasuk lokasinya segala macam. Intinya sudah selesai semua tinggal lahan yang menjadi tanggungjawab kita di daerah,” jelasnya lagi.(yan)


DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB LINGGA
PEMKO BATAM PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA



Berita Terkait