BNN Kepri Panen Tersangka Kurir dan BB Narkoba dari Malaysia, Ancaman Hukuman Mati

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 33

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau (BNNP Kepri) mengungkap 4 (empat) kasus peredaran gelap Narkoba yang terjadi di wilayah Kepulauan Riau, barang bukti narkotika yang disita Sabu seberat bruto 3761,83 (tiga ribu tujuh ratus enam puluh satu koma delapan puluh tiga) gram dan Ekstasi sebanyak ± 40.000 (empat puluh ribu) butir dengan jumlah tersangka 8 (delapan) orang. Pengungkapan kasus ini diekspose langsung oleh Kepala BNN Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan bersama Kabid Berantas BNN Kepri Bubung Pramiadi.(Video di Bawah Berita)

Berikut Kronilogis Penangkapan Kasus Pertama

Laporan Kasus Narkotika : LKN / 6 / I / 2017 / BNNP. Pada hari Selasa tanggal 30 Januari 2018, sekira pukul 14.00 Wib di Bandara Hang Nadim, Kota Batam Provinsi Kepri, petugas Bea dan Cukai mengamankan 1 (satu) orang laki-laki atas nama AT (24 Thn) WNI karena kedapatan membawa Narkotika Golongan I jenis Sabu seberat bruto 1282 (seribu dua ratus delapan puluh dua) gram. Laki-laki tersebut berikut barang buktinya kemudian diserahkan kepada petugas BNNP Kepri untuk dilakukan proses hukum.

Dari hasil interogasi terhadap tersangka diketahui Sabu tersebut dibawa tersangka dari Malaysia atas perintah saudara A (DPO) dengan dijanjikan upah sebesar Rp.30.000.000 (tiga puluh juta rupiah) dan akan dibawa ke surabaya, setibanya di Surabaya akan ada orang yang menghubungi tersangka untuk mengambil Sabu tersebut. Modus pelaku dalam membawa Sabu tersebut adalah di masukkan dalam rongga alat penanak nasi (rice cooker) untuk mengelabui petugas di Pelabuhan dan Bandara.

Dari pengungkapan kasus ini BNNP Kepri berhasil membekuk 1 (satu) orang tersangka dengan total barang bukti Narkotika golongan I jenis Sabu seberat bruto 1282 (seribu dua ratus delapan puluh dua) gram. Atas perbuatannya tersebut tersangka AT dikenakan pasal 114 ayat (2), pasal 112 ayat (2) UU RI No.35 Tahun 2009 dengan hukuman maksimal hukuman mati atau seumur hidup.

Kronologis Penangkapan Kasus Kedua

Laporan Kasus Narkotika : LKN / 7 / II / 2017 / BNNP. Pada hari Minggu tanggal 4 Februari 2018, sekira pukul 08.00 Wib di Jl. Raja Ali haji Kawasan Jodoh, Kota Batam Provinsi Kepri, Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri mengamankan 4 (empat) orang laki-laki atas nama L (30 Thn) WN Malaysia,B (38 Thn) WN Malaysia, N (24 Thn) WN Malaysia dan T (31 Thn) WN Malaysia karena kedapatan membawa Narkotika Golongan I jenis Ekstasi sebanyak ± 40.000 (empat puluh ribu) butir, dengan 2 (dua) DPO inisial AH WN Malaysia dan SS WNI.

Dari hasil interogasi terhadap tersangka diketahui Ekstasi tersebut berasal dari Malaysia dan akan dibawa ke Jakarta. Keempat tersangka masuk ke Batam melalui pelabuhan resmi, sedangkan Ekstasi tersebut masuk dari Malaysia melalui pelabuhan tikus dibawa seorang kurir suruhan keempat tersangka. Petugas BNNP Kepri kemudian membawa tersangka ke kantor BNNP Kepri untuk dilakukan pengembangan kasus dan proses hukum.

Dari pengungkapan kasus ini BNNP Kepri berhasil membekuk 4 (empat) orang tersangka dengan total barang bukti Narkotika golongan I jenis Ekstasi sebanyak ± 40.000 (empat puluh ribu) butir. Atas perbuatannya tersebut tersangka L, B, N dan T dikenakan pasal 114 ayat (2), pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 dengan hukuman maksimal hukuman mati atau seumur hidup.

Kronologis Penangkapan Kasus Ketiga

Laporan Kasus Narkotika : LKN / 8 / II / 2017 / BNNP. Pada hari Minggu tanggal 4 Februari 2018, sekira pukul 17.30 Wib di Perumahan Merlion Square Blok V No.10, Kel. Tanjung Uncang Kec. Batu Aji, Kota Batam Provinsi Kepri, Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri mengamankan 1 (satu) orang laki-laki atas nama F (27 Thn) WNI karena kedapatan memiliki Narkotika Golongan I jenis Sabu seberat bruto 1011 (seribu sebelas) gram.

Dari hasil interogasi terhadap tersangka diketahui tersangka F mendapatkan Sabu tersebut dari Saudara H (DPO) warga negara Indonesia yang berada di Malaysia, Sabu tersebut di bawa ke Batam dari Malaysia oleh H (DPO) lalu diletakkan di Pantai Tanjung Bemban, Kec. Nongsa, Kota Batam.

Tersangka F kemudian dihubungi oleh H (DPO) untuk mengambil Sabu tersebut dan dibawa ke Perumahan Merlion Square Blok V No.10, Kel. Tanjung Uncang Kec. Batu Aji, Kota Batam Provinsi Kepri. Petugas BNNP Kepri kemudian membawa tersangka ke kantor BNNP Kepri untuk dilakukan pengembangan kasus dan proses hukum.

Dari pengungkapan kasus ini BNNP Kepri berhasil membekuk 1 (satu) orang tersangka dengan total barang bukti Narkotika golongan I jenis Sabu seberat bruto 1011 (seribu sebelas) gram. Atas perbuatannya tersebut tersangka F dikenakan pasal 114 ayat (2), pasal 112 ayat (2) UU RI No.35 Tahun 2009 dengan hukuman maksimal hukuman mati atau seumur hidup.

Kronologis Kasus Keempat

Laporan Kasus Narkotika : LKN / 9 / II / 2017 / BNNP. Pada hari Senin tanggal 5 Februari 2018, sekira pukul 07.30 Wib di Depan Toko Bangunan Inti Jaya, Pasar Sei Harapan Blok B No. 9, Sekupang Kota Batam Provinsi Kepri, Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri mengamankan 2 (dua) orang laki-laki atas nama SU (51 Thn) WNI dan M (39 Thn) WNI karena kedapatan memiliki Narkotika Golongan I jenis Sabu seberat bruto 1468,83 (seribu empat ratus enam puluh delapan koma delapan puluh tiga) gram.

Dari hasil interogasi terhadap kedua tersangka diketahui tersangka SU dan M mendapatkan Sabu tersebut dari Saudara SA (DPO) yang berada di Malaysia, tersangka SU diperintahkan Saudara SA (DPO) berangkat dari Batam ke rumah tersangka M di Malaysia, dirumah M sudah ada Saudara SA (DPO) yang menunggu dan menyerahkan Sabu tersebut kepada SU dan M untuk di bawa ke Batam.

SU dan M kemudian bersama-sama berangkat ke Batam membawa Sabu tersebut melalui pelabuhan tikus di Tanjung Riau-Kota Batam. Pada saat kedua tersangka berada di depan Toko Bangunan Inti Jaya, Pasar Sei Harapan Blok B No. 9, Sekupang Kota Batam Provinsi Kepri Petugas BNNP Kepri menangkap kedua tersangka kemudian dibawa ke kantor BNNP Kepri untuk dilakukan pengembangan kasus dan proses hukum.

Dari pengungkapan kasus ini BNNP Kepri berhasil membekuk 2 (dua) orang tersangka dengan total barang bukti Narkotika golongan I jenis Sabu seberat bruto 1468,83 (seribu empat ratus enam puluh delapan koma delapan puluh tiga) gram. Atas perbuatannya tersebut tersangka SU dan M dikenakan pasal 114 ayat (2), pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 dengan hukuman maksimal hukuman mati atau seumur hidup.(*)

Video:

Sumber: BNN Kepri/ Video: Amrullah

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 33
RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 BANNER WARTA KEPRI
BANNER WARTA KEPRI
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Berita Terkait




PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD BATAM
DPRD LINGGA