Peringkat LAKIP Natuna Naik dari CC Menjadi BB

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 33

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Bupati Natuna Hamid Rizal menerima penghargaan atas naiknya peringkat LAKIP Daerah Kabupaten Natuna menunjukan pertasi lebih baik dari peringkat CC menjadi BB.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menpan RB Asman Abnur didampingi Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Mohammad Yusuf Ateh dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja pada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi di Wilayah I, di Kota Batam, Kamis (25/1/2018).

Bupati Natuna juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato tentang upaya yang telah dilakukan untuk memperbaiki kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, pada saat sharing session.

“Saya meminta segenap OPD berkerja keras dan cerdas, yang lamban saya ganti,” Sambut Bupati dihadapan Menpan RB dan seluruh hadirin.

Sementara itu dalam arahannya,
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengajak para aparatur agar merubah mind set dari yang awalnya bermental menghabiskan anggaran menjadi mental memberi manfaat dari hasil kerja yang dilakukan. Dengan demikan dapat terwujud kesejahteraan rakyat dan pembangunan negara.

Sambung Asman Abnur,para Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat mewujudkan birokrasi yang efisien. Hal tersebut dapat ditunjukkan melalui penggunaan anggaran negara yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Dikatakannya bahwa terdapat dua hal yang harus dipahami oleh setiap instansi pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang efisien, yaitu pertama memastikan bahwa anggaran hanya digunakan untuk membiayai program/kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan.

“Kemudian yang kedua memastikan bahwa penghematan anggaran yang dilakukan hanya dialokasikan pada kegiatan-kegiatan yang penting atau yang mendukung kinerja instansi,” ujarnya.

Menurutnya dalam mewujudkan birokrsinyang efisien tidak cukup hanya dengan sekedar memotong anggaran, tetapi juga dengan mendorong peningkatan efektivitas pemanfaatan anggaran oleh seluruh instansi pemerintah.

Hal tersebut sejalan dengan asas utama penggunaan anggaran negara yang disebutkan oleh Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara, yakni akuntabilitas berorientasi hasil.

Akuntabilitas yang berorientasi pada hasil atau kinerja hanya akan tercapai apabila birokrasi dapat menerapkan manajemen berbasis kinerja dengan baik, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan SAKIP, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Dengan SAKIP, saat ini kita telah mulai dapat mewujudkan efektifitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran di lingkungan pemerintah.
Pada acara ini, Menpan RB juga melounching aplikasi E-Sakip Reviu yang nanti akan digunakan oleh pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk menyampaikan laporan kinerja nya.

Turut mendampingi Bupati Natuna , Assisten lll Izwar Asfawi, Kepala BP3D Mustofa Albagri, Kabag Ortal, Kabag Humas Protokol Setda Natuna, Budi Dharma dan Inspektur Inspektorat Natuna, Muhammad Husen. (Ril/M.Rikyrinovsky)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 33
RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 BANNER WARTA KEPRI
BANNER WARTA KEPRI
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Berita Terkait




PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD BATAM
DPRD LINGGA