Kepri Dapat Alokasi Rp 1,6 Triliun Untuk Sukseskan Gerakan Gerbangdutas

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 33

WARTAKEPRI.co.id-NATUNA – Dalam kunjungan kerja pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2017 di Kabupaten Natuna hari ini, Rabu (8/3/2017), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebutkan pemerintah telah menyusun dengan baik program dan pengelolaan kawasan perbatasan.

Pencanangan Gerbangdutas TA 2017 Kabupaten Natuna dilakukan oleh Menkopolhukam didampingi sejumlah menteri kabinet kerja turut hadiri oleh Gubernur Kepulauan Riau, Forkopimda Provinsi Kepulauan Riau, Bupati Natuna, Forkopimda serta Tokoh Masyarakat Kabupaten Natuna.

Kegiatan pencanangan ini menandai dimulainya pelaksanaan program pengelolaan batas wilayah negara dan pembangunan kawasan perbatasan negara secara terpadu Natuna yang meliputi seluruh kegiatan Kementerian/Lembaga.

Mendagri yang juga bertindak langsung sebagai Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) terus berusaha untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur baik ekonomi maupun sosial di perbatasan Indonesia.

“Kita juga berusaha untuk meningkatkan kehidupan sosial ekonomi di kawasan perbatasan dan meningkatkan daya saing di daerah perbatasan,” ujar Mendagri dalam arahannya dalam rangka Pencanangan Gerbangdutas di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (6/3).

Pemerintah menginginkan kondisi masyarakat di daerah perbatasan lebih baik tidak hanya sejajar namun mampu jauh lebih unggul dibanding negara tertangga.

Program Gerbangdutas adalah program akselerasi pembangunan kawasan perbatasan negara secara secara terpadu yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

Pelaksanaan Gerbangdutas telah dilaksanakan sejak pada Tahun Anggaran 2015 yakni di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara dan Tahun Anggaran 2016 dilaksanakan di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dikatakan Cahyokumolo, tahun akan datang tidak akan ada lagi nama daerah tertinggal. Karena pemerintah pusat akan berupaya membangun seluruh kawasan NKRI untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Selain kegiatan Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2017, pada kunjungan ini juga dilaksanakan peresmian program dan kegiatan yang telah selasai dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga pada TA. 2016 di Kabupaten Natuna yaitu peresmian kelas Madrasah Aliyah Bakti Natuna di Kecamatan Pulau Tiga yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama, peresmian Tampungan Air Baku Sedanau Kecamatan Banguran Barat dan Tamungan Air Baku Teluk Beton Kecamatan Bunguran yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, dan peresmian Jalan Teluk Beton -Klarik Tahap I yang juga dilaksanakan oleh PUPR.

Pemerintah pusat juga akan menganggarkan dana pembangunan di kawasan perbatasan provinsi Kepri untuk tahun 2017 sebesar Rp 1,6 Triliun.

Masing masing daerah akan mendapat alokasi dana yaitu Kota Batam sebesar Rp 296 M, kabupaten Bintan Rp159 M, kabupaten Anambas sebesar Rp 168 M, kabupaten Karimun sebesar Rp 162 M dan kabupaten Natuna Rp 470 M.

Pada pencanangan Gerbangdutas di perbatasan bagian barat Indonesia ini, beberapa program-program prioritas kegiatan Tahun 2017 antara lain pengembangan 10 Pusat Kawasan Strategis Nasional (PKSN) dan perdagangan lintas batas negara, membuka isolasi Lokpri, pembangunan Pos lintas Batas Negara (PLBN) terpadu, pengamanan batas wilayah darat, laut, dan udara, peningkatan kualitas diplomasi dan kerjasama batas wilayah negara serta koordinasi pengelolaan perbatasan negara.(rikyrinov)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 33
RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 RAMADHAN 2018 BANNER WARTA KEPRI
BANNER WARTA KEPRI
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Berita Terkait




PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD BATAM
DPRD LINGGA