Tiga Nama Pejabat Disduk Batam Tertangkap Pungli Beserta Modusnya

BANNER WARTA KEPRI

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Setelah ramai diberitakan aksi operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh Tim Polda Kepri di Kantor Dinas Pendudukan Kota Batam, Senin (17/10/2016) siang, beredar pesan atau viral pihak pihak yang diamankan oleh pihak kepolisian. Dalam pesan di Whatapp, untuk kasus ini polisi menggeledah dan mengamankan uang diduga pungli puluhan juta rupiah, dan dijelaskan nama nama terduga pelaku.

1 JAMARIS Als BOY (Kabid Catatan Sipil) dengan barang Bukti Uang Rp 2.484.000, Akta Kelahiran 43 buah dan Surat Kematian 6 buah.

2.IRWANTO (Staf Bidang Catatan Sipil), dengan barang Bukti Uang Rp 700.000, Fotocopy surat-surat persyaratan pengurusan Akta Lahir (fotocopy KK)

3.NASIBAH (Kasi. Perpindahan Penduduk)‎, dengan barang Bukti, Uang Rp 2.100.000, Surat Keterangan Pindah WNI, E-KTP masyarakat 14 buah dan KTP SIAK 3 bh

Adapun modus operandi

Dalam pengurusan penerbitan surat-surat terkait kependudukan seperti Akta Lahir, Akta Nikah, Surat Pindah dan KTP, tidak dilakukan secara prosedural/unprocedural dengan cara menerima titipan langsung dari masyarakat atau calo yang mengurus. Proses dilakukan dengan memberikan sejumlah uang yang diselipkan di dalam dokumen syarat-syarat kepengurusan, degan variasi uang per orang antara Rp 20.000,- s/d Rp 150.000,-.

Pasal yang dilanggar

Pasal 368 KUHP dan Pasal 95 huruf B UU RI No 24 thn 2013 ttg Perubahan atas UU RI No 23 thn 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Bahwa setiap pejabat dan petugas pada desa/kelurahan, kecamatan, UPT instansi pelaksana dan instansi pelaksana yang memerintahkan dan atau memfasilitasi dan atau melakukan pungutan biaya kepada penduduk dalam pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79.A (Pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya). Ancaman pidana penjara 6 thn dan atau denda paling banyak Rp.75.000.000. (WA/dedy swd) Foto istimewa agus siswanto detik.com

DEWAN PERS WARTAKEPRI
BANNER BOTANIA

PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA

Berita Terkait


DPRD KEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA